Budidaya kelinci

Peternak kelinci. Untuk jenis kelinci pedaging sekaligus kelinci hias kayaknya dah cukup yah sobat…? Tapi kalo masih ada yang belum jelas, silahkan aja bertanya di blog ini, atau jalan-jalan aja ke forum di kaskus, di sana saya juga banyak menimba ilmu tentang perkelincian. Dan untuk kali ini kita bicara masalah kelinci hias angora yuk…!!!!.
Dulu pas saya mau pelihara kelinci, nama yang sering saya denger ya itu sobat, kelinci angora. Dari jajaran kelinci hias, kelinci angora memang sangat terkenal. So saya coba berikan sedikit seluk-beluk tentang kelinci angora ini.
7434412180681a656bf70917421f4188_kelinci-anggoraMemelihara di luar atau di dalam rumah…?
Sebenarnya pemeliharaan kelinci hias, entah itu kelinci angora atau yang lain, bisa dilakukan dimana saja. Tapi pemeliharaan tersebut tetap memperhatikan factor kenyamanan dan juga keamanan si kelinci. Dari sisi keamanan, kelinci angora harus terhindar dari predator dan pengganggu, missal anjing, kucing, dan juga tikus. Sementara dari sisi kenyamanan, kelinci harus terhindar dari teriknya matahari, dan juga terpaan hujan saat terjadi hujan besar. Jika point tersebut bisa dijaga tidak menjadi masalah memelihara kelinci angora di dalam ataupun di luar ruangan.
Berikan nutrisi yang seimbang.
Perlakuan kelinci angora tentu akan berbeda dengan kelinci rex, begitu juga dengan nutrisi. Temen-temen harus perhatikan pola makan, juga apa yang dimakan oleh kelinci cantik ini, jika salah, berlebih, atau kurang akan terlihat dari kualitas bulu kelinci angora.
Nah biar ndak pusing Jika kelinci angora sahabat masih kecil, berumur 4 sampai 6 bulan, pastikan kotak makanan atau pelet kelinci anda tidak pernah kosong, tentu diimbangi juga dengan jerami atau rumputan layu atau kering.
Ajari kelinci angora anda bersih
Sejatinya kelinci adalah hewan yang cinta kebersihan, hal ini dibuktikan dengan jika kelinci angora pipis atau buang kotoran, maka ia pergi menjauh dari tempatnya nongkrong. Tapi terkadang hewan cantik ini belum tau dimana ia makan dan buang kotoran, so caranya sobat, letakkan makanan dan tempat tidur di tempat yang berbeda, dan jika ada kotoran di tempat tidurnya segera bersihkan, hal ini mungkin sobat lakukan beberapa kali, tapi lama kelamaan kelinci akan sadar juga kok kalo majikannya ndak suka kalo ia buang kotoran di tempat tidur.
Nah buat sobat yang dah bertahun-tahun pelihara kelinci angora silahkan tambahin yang kurang, atau koreksi kalo ada info yang tidak benar atau salah

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar: